SILABUS
Nama Sekolah : SMA N Bengkulu
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan nonelektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi reduksi
Alokasi waktu : 14 jam pelajaran (2 jam untuk ulangan)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar |
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan. | § Larutan elektrolit dan nonelektrolit § Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik § Jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium. · Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan nonelektrolit | · Mengelompokkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan. · Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya · Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik. · Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 3 jp | Buku A LKS |
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya. | § Konsep oksidasi dan reduksi § Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion | · Demonstrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki). · Menentukan bilngan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas. · Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi. | · Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi · Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion. · Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 8 jp | Buku A LKS |
| § Tata nama menurut IUPAC | · Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberinya nama dalam diskusi kelompok | · Memberi nama senyawa menurut IUPAC | | 2 jp | |
| § Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan | · Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas | · Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep erdoks dalam memecahkan masalah lingkungan. | | 1 jp | |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008. Kimia SMA Kelas X Semester Kedua. Penerbit Yudhistira
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran ( 3 jam untuk ulangan)
Kompetensi dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon | § Identifikasi atom C, H, dan O § Kekhasan atom karbon § Atom C primer, atom C sekunder, atom c tertier, dan atom C kuartener | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium. · Dengan menggunakan molymod mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas. · Menentukan atom C primer, sekunder, tertier dan kuartener dalam diskusi kelompok di kelas. | · Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan. · Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon. · Membedakan atom C primer, sekunder, tertier, dan kuartener. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 2 jp | Buku A LKS Molymod |
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dengan sifat senyawa. | § Alkana, alkena, dan alkuna. § Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna § Isomer § Reaksi senyawa karbon | · Dengan menggunakan molymod mendiskusikan jenis ikatan pada atom karbon pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna. · Latihan tata nama. · Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. · Dengan menggunakan molymod menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok · Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas | · Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan. · Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna. · Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya. · Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans). · Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi adisi oksidasi, substitusi dan eliminasi) | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 7 jp 2 jp | Buku A LKS Molymod |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008, Kimia SMA Kelas X Semester kedua. Penerbit Yudhistira
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi :
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya | § Minyak bumi § Fraksi minyak bumi § Mutu bensin § Dampak pembakaran bahan bakar | · Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi mutu bensun, petrokimia dan dampak hasil pembakaran bahan bakar. · Presentasi hasil kerja kelompok. | · Mendeskripsikan proses pembentukan · minyak bumi dan gas alam. · Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi. · Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi. · Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya. · Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 4 jp | Buku A |
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika | § Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari | · Diskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika. | · Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan. · Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sendang dan papan. · Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika . | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 2 jp | Buku A Buku b |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008, Kimia SMA Kelas X Semester Kedua Penerbit Yudhistira
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .......................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode pengukuran, dan terapannya.
Alokasi Waktu : 56 jam pelajaran (6 jam untuk ulangan)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan. | § Teori Asam Basa | · Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry, serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas. · Berlatih menentukan pasangan asam basa Bronsted-Lowry. | · Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius. · Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowry. · Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya. · Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis. | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 2 jp | Buku A Buku B LKS |
§ Sifat Larutan Asam dan Basa. § Derajat Keasaman (pH) | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator melalui kerja kelompok di laboratorium. · Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan. · Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa melalui kerja kelompok di laboratorium. · Menyimpulkan trayek pH asam dan basa. | · Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator. · Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa. |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .......................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi :
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
| § Derajat Ionisasi dan Tetapan Asam dan Tetapan Basa § Aplikasi konsep pH dalam pencemaran | · Melalui diskusi kelas menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama, menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( ![]() · Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan dari data konsentrasinya. · Meneliti dan menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah dalam kerja kelompok. | · Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama. · Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( ![]() · Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya. · Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan. | | | |
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa. | § Stoikiometri Larutan § Titrasi Asam dan Basa | · Merancang dan melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa. · Menyimpulkan hasil percobaan. · Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium · Menghitung kadar zat dari data percobaan. | · Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi. · Menentukan kadar zat melalui titrasi. · Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa. · Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi. · Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan. | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 8 jp | Buku A Buku B LKS |
4.2 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup | § Larutan Penyangga § pH Larutan Penyangga | · Merancang dan melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium. · Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan bukan penyangga. | · Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan. · Menghitung pH atau pOH larutan penyangga | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 8 jp | |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .......................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi :.
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
| § Fungsi Larutan Penyangga | · Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi. · Melalui diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup | · Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran. · Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup | | | |
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. | § Hidrolisis Garam § Sifat Garam yang Terhidrolisis § pH Larutan Garam yang Terhidrolisis. | · Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium. · Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air. · Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas | · Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan. · Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi. · Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 6 jp | Buku A Buku B LKS |
4.4 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis. | § Grafik Titrasi Asam dan Basa | · Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui diskusi | · Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis. | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah | 2 jp | Buku A Buku B LKS |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .......................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi :.
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan. | § Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) | · Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut melalui diskusi kelas. · Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas. · Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kelarutan garam dan membandingkannya dengan hasilkali kelarutan. · Menyimpulkan kelarutan suatu garam. | · Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut. · Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya. · Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air. · Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya. · Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan. · Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya. · Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 10 jp | Buku A Buku B LKS |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2006. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Penerbit Yudhistira.
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ........................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas /Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (2 jam untuk ulangan)
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1 Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar | § Pembuatan Koloid (Cara Kondensasi, Dispersi, Peptisasi) | · Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium. | · Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 4 jp | Buku A Buku B LKS |
5.2 Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | § Sistem Koloid § Sifat Koloid § Peranan Koloid dalam Kehidupan | · Melakukan percobaan pengelompokan berbagai sistem koloid. · Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan jenis dan sifat koloid dari data percobaan. · Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok. · Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi danmembuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah. | · Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan). · Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi. · Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (efek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi). · Menjelaskan koloid liofob dan liofil. · Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi | T -Tes tulis uraian - -Tes tulis pilihan ganda -Tugas rumah -Tes unjuk kerja | 6 jp | Buku A Buku B LKS |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .............................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas /Semester : XII / 2
Standar Kompetensi :
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat). | § Struktur dan tata nama senyawa karbon. § Isomer § Sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon. § Kegunaan senyawa karbon | · Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi. · Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi. · Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa. · Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi. · Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk. · Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon untuk menjelaskan sifat fisik melalui diskusi. · Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu. | · Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon. · Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya. · Menentukan isomer-isomer senyawa karbon. · Menjelaskan sifat fisik senyawa karbon · Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 16 jp | Buku A LKS |
4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, serta kegunaan benzena dan turunannya. | § Struktur dan tata nama benzena dan turunannya. | · Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi. | · Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 6 jp | Buku A LKS |
| § Reaksi benzena § Sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya. § Kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya. | · Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena. · Mendiskusikan pengertian ortho, meta, dan para. · Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi. · Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari. | · Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena. · Menjelaskan pengertian ortho, meta, dan para. · Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya. · Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butilhidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain. | | | |
4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein). | § Polimer | · Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sintetik dan polimer alam dalam kerja kelompok. · Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer, polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi. | · Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik ( karet, karbohidrat, protein, plastik). · Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer. · Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya. · Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 6 jp | Buku A LKS |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008. Kimia SMA Kelas X Semester Kedua.. Penerbit Yudhistira
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .............................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas /Semester : XII / 2
Standar Kompetensi :
Alokasi Waktu :
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
| § Karbohidrat § Protein | · Menentukan golongan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas. · Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan bantuan enzim dalam diskusi. · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok. · Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas. | · Menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa. · Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan bantuan enzim. · Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen. · Menuliskan rumus struktur asam amino esensial. · Menentukan gugus peptida pada protein. | | | |
4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak. | § Rumus struktur dan nama lemak § Penggolongan lemak dan minyak § Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak. § Fungsi dan peran lemak dan minyak | · Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi. | · Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak. · Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya. · Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak. · Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 6 jp | - Buku A - Buku B - LKS - Tabel Periodik |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008 Kimia SMA Kelas X Semester Kedua. Penerbit Yudhistira