SILABUS

SILABUS

Nama Sekolah               : SMA N Bengkulu
Mata Pelajaran              : KIMIA
Kelas / Semester           : X / 2
Standar Kompetensi      : 3. Memahami sifat-sifat larutan nonelektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi reduksi
Alokasi waktu                : 14 jam pelajaran (2 jam untuk ulangan)

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
§  Larutan elektrolit dan nonelektrolit
§  Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik

§  Jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.
·      Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan nonelektrolit
·      Mengelompokkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.
·      Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
·      Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
·      Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
-    Tes tulis uraian
-    Tes tulis pilihan ganda
-    Tugas rumah
-    Tes unjuk kerja

3 jp
Buku A

LKS
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.



§  Konsep oksidasi dan reduksi
§  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
·      Demonstrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan   ke dalam air aki).
·      Menentukan bilngan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
·      Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.

·      Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
·      Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
·      Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks.
-    Tes tulis uraian
-    Tes tulis pilihan ganda
-    Tugas rumah
-    Tes unjuk kerja

8 jp
Buku A
LKS

§  Tata nama menurut IUPAC
·      Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberinya nama dalam diskusi kelompok
·      Memberi nama senyawa menurut IUPAC

2 jp


§  Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
·      Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas
·      Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep erdoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

1 jp


Sumber Belajar :    Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008. Kimia SMA Kelas X Semester Kedua. Penerbit Yudhistira





SILABUS

Nama Sekolah               : SMA ...................................
Mata Pelajaran              : KIMIA
Kelas / Semester           : X / 2
Standar Kompetensi      : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
Alokasi Waktu               : 20 jam pelajaran ( 3 jam untuk ulangan)

Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
§  Identifikasi atom C, H, dan O





§  Kekhasan atom karbon




§  Atom C primer, atom C sekunder, atom c tertier, dan atom C kuartener
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium.

·      Dengan menggunakan molymod mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas.

·      Menentukan atom C primer, sekunder, tertier dan kuartener dalam diskusi kelompok di kelas.
·      Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.




·      Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.




·      Membedakan atom C primer, sekunder, tertier, dan kuartener.

-    Tes tulis uraian
-    Tes tulis pilihan ganda
-    Tugas rumah
-    Tes unjuk kerja

2 jp
Buku A
LKS
Molymod
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dengan sifat senyawa.














§  Alkana, alkena, dan alkuna.





§  Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna




§  Isomer




§  Reaksi senyawa karbon
·      Dengan menggunakan molymod mendiskusikan jenis ikatan pada atom karbon pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·      Latihan tata  nama.

·      Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.


·      Dengan menggunakan molymod menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok

·      Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas
·      Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
·      Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.


·      Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.



·      Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans).


·      Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi adisi oksidasi,  substitusi dan eliminasi)
-       Tes tulis uraian
-       Tes tulis pilihan ganda
-       Tugas rumah

7 jp












2 jp
Buku A
LKS
Molymod

Sumber Belajar :   Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008, Kimia SMA Kelas X Semester kedua. Penerbit Yudhistira



SILABUS

Nama Sekolah               : SMA ...................................
Mata Pelajaran              : KIMIA
Kelas / Semester           : X / 2
Standar Kompetensi      :
Alokasi Waktu               :




Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya  
§  Minyak bumi






§  Fraksi minyak bumi




§  Mutu bensin


§  Dampak pembakaran bahan bakar
·      Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi mutu bensun, petrokimia dan dampak hasil pembakaran bahan bakar.
·      Presentasi hasil kerja kelompok.
·      Mendeskripsikan proses pembentukan
·      minyak bumi dan gas alam.
·      Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.

·      Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

·      Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.

·      Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

-       Tes tulis uraian
-       Tes tulis pilihan ganda
-       Tugas rumah

4 jp
  Buku A

4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika

§  Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari
·      Diskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika.
·      Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.
·      Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sendang dan papan.
·      Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika .

-       Tes tulis uraian
-       Tes tulis pilihan ganda
-       Tugas rumah

2 jp
Buku A
Buku b

Sumber Belajar :    Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008, Kimia SMA Kelas X Semester Kedua  Penerbit Yudhistira




SILABUS

Nama Sekolah                       : SMA .......................................
Mata Pelajaran                       : KIMIA                                                                  
Kelas/Semester                     : XI / 2
Standar Kompetensi            : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode pengukuran, dan terapannya.                                   
Alokasi Waktu                       : 56 jam pelajaran (6 jam untuk ulangan)


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
4.1  Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
§  Teori Asam Basa
·      Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry, serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas.
·      Berlatih menentukan pasangan asam basa Bronsted-Lowry.
·      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
·      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowry.
·      Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
·      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.


T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja
2 jp
Buku A
Buku B
LKS
§  Sifat Larutan Asam dan Basa.






§  Derajat Keasaman (pH)









·      Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator melalui kerja kelompok di laboratorium.
·      Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan.
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa melalui kerja kelompok di laboratorium.
·      Menyimpulkan trayek pH asam dan basa.

·      Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.






·      Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.

Sumber Belajar :   Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.                                


SILABUS

Nama Sekolah                       : SMA .......................................
Mata Pelajaran                       : KIMIA                                                                  
Kelas/Semester                     : XI / 2
Standar Kompetensi            :
Alokasi Waktu                       :




Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

§  Derajat Ionisasi dan Tetapan Asam dan Tetapan Basa







§  Aplikasi konsep pH dalam pencemaran
·      Melalui diskusi kelas menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama, menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan  () dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb).
·      Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan dari data konsentrasinya.
·      Meneliti dan menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah dalam kerja kelompok.


·      Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama.
·      Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan () dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb).

·      Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.
·      Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.



4.2  Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
§  Stoikiometri Larutan
§  Titrasi Asam dan Basa
·      Merancang dan melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
·      Menyimpulkan hasil percobaan.
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium
·      Menghitung kadar zat dari data percobaan.


·      Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi.



·      Menentukan kadar zat melalui titrasi.
·      Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa.
·      Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi.
·      Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja

8 jp
Buku A
Buku B
LKS
4.2  Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
§  Larutan Penyangga




§  pH Larutan Penyangga
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.
·      Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan bukan penyangga.

·      Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.


·      Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja

8 jp


Sumber Belajar :   Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.                               




SILABUS

Nama Sekolah                       : SMA .......................................
Mata Pelajaran                       : KIMIA                                                                  
Kelas/Semester                     : XI / 2
Standar Kompetensi            :.                                   
Alokasi Waktu                       :




Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

§  Fungsi Larutan Penyangga
·      Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi.

·      Melalui diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup

·      Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran.
·      Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup



4.4  Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
§  Hidrolisis Garam





§  Sifat Garam yang Terhidrolisis


§  pH Larutan Garam yang Terhidrolisis.

·      Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium.
·      Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air.



·      Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas
·      Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan.



·      Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi.

·      Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja

6 jp
Buku A
Buku B
LKS
4.4  Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
§  Grafik Titrasi Asam dan Basa
·      Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui diskusi

·      Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
 T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah

2 jp
Buku A
Buku B
LKS

Sumber Belajar :   Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.                               



SILABUS

Nama Sekolah                       : SMA .......................................
Mata Pelajaran                       : KIMIA                                                                  
Kelas/Semester                     : XI / 2
Standar Kompetensi            :.                                   
Alokasi Waktu                       :



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
4.6  Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan.
§  Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)
·      Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut melalui diskusi kelas.





·      Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas.






·      Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kelarutan garam dan membandingkannya dengan hasilkali kelarutan.
·      Menyimpulkan kelarutan suatu garam.
·      Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut.
·      Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya.
·      Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.

·      Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya.
·      Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan.
·      Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya.

·      Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp
T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja

10 jp
Buku A
Buku B
LKS

Sumber Belajar :   Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2006. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Penerbit Yudhistira.                               




SILABUS

Nama Sekolah                       : SMA ........................................
Mata Pelajaran                       : KIMIA                                                               
Kelas /Semester                    : XI / 2
Standar Kompetensi            : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu                       : 12 jam pelajaran (2 jam untuk ulangan)
Sumber Belajar                     : Buku A : Parning, Horale, Tiopan. 2008. Kimia SMA kelas XI Semester kedua. Jakarta : Yudhistira.                                
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
5.1  Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar
§  Pembuatan Koloid (Cara Kondensasi, Dispersi, Peptisasi)
·      Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.
·      Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan
T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja

4 jp
Buku A
Buku B
LKS
5.2  Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
§  Sistem Koloid




§  Sifat Koloid






§  Peranan Koloid dalam Kehidupan
·      Melakukan percobaan pengelompokan berbagai sistem koloid.


·      Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
·      Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.

·      Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi danmembuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah.
·      Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (efek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan).
·      Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi.
·      Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (efek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi).
·      Menjelaskan koloid liofob dan liofil.
·      Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi
T  -Tes tulis uraian
-     -Tes tulis pilihan ganda
-Tugas rumah
-Tes unjuk kerja

6 jp
Buku A
Buku B
LKS



SILABUS
Nama Sekolah               : SMA .............................................
Mata Pelajaran              : KIMIA                                                                  
Kelas /Semester            : XII / 2
Standar Kompetensi      :
Alokasi Waktu               :
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).
§  Struktur dan tata nama senyawa karbon.






§  Isomer




§  Sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon.


§  Kegunaan senyawa karbon
·      Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.
·      Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
·      Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.
·      Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
·      Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.
·      Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon untuk menjelaskan sifat fisik melalui diskusi.
·      Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.
·      Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.

·      Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.



·      Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.



·      Menjelaskan sifat fisik senyawa karbon


·      Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.
-      Tes tulis uraian
-      Tes tulis pilihan ganda
-      Tugas rumah
-      Tes unjuk kerja

16 jp
Buku A
LKS
4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, serta kegunaan  benzena dan turunannya.
§  Struktur dan tata nama benzena dan turunannya.
·      Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.
·      Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
-       Tes tulis uraian
-       Tes tulis pilihan ganda
-       Tugas rumah

6 jp
Buku A
LKS

§  Reaksi benzena




§  Sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya.

§  Kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
·      Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
·      Mendiskusikan pengertian ortho, meta, dan para.

·      Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.

·      Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
·      Menjelaskan pengertian ortho, meta, dan para.

·      Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya.

·      Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butilhidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain.



4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein).
§  Polimer
·      Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sintetik dan polimer alam dalam kerja kelompok.
·      Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer, polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.
·      Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik ( karet, karbohidrat, protein, plastik).
·      Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer.
·      Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya.
·      Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan.
-    Tes tulis uraian
-    Tes tulis pilihan ganda
-    Tugas rumah
-    Tes unjuk kerja

6 jp
Buku A
LKS

Sumber Belajar :  Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008. Kimia SMA Kelas X Semester Kedua.. Penerbit Yudhistira



SILABUS
Nama Sekolah               : SMA .............................................
Mata Pelajaran              : KIMIA                                                                  
Kelas /Semester            : XII / 2
Standar Kompetensi      :
Alokasi Waktu               :





Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

§  Karbohidrat













§  Protein
·      Menentukan golongan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas.
·      Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan bantuan enzim dalam diskusi.
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok.

·      Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas.
·      Menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa.
·      Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan bantuan enzim.

·      Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen.





·      Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
·      Menentukan gugus peptida pada protein.




4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak.

§  Rumus struktur dan nama lemak
§  Penggolongan lemak dan minyak
§  Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak.
§  Fungsi dan peran lemak dan minyak

·      Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.

·      Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak.
·      Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya.
·      Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak.
·      Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan.

-    Tes tulis uraian
-    Tes tulis pilihan ganda
-    Tugas rumah


6 jp

-     Buku A
-     Buku B
-     LKS
-     Tabel      Periodik

Sumber Belajar :          Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008 Kimia SMA Kelas X Semester Kedua. Penerbit Yudhistira