SILABUS
Nama Sekolah : SMA.............
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan nonelektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi reduksi
Alokasi waktu : 14 jam pelajaran (2 jam untuk ulangan)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar |
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan. | § Larutan elektrolit dan nonelektrolit § Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik § Jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium. · Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan nonelektrolit | · Mengelompokkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan. · Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya · Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik. · Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 3 jp | Buku A LKS |
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya. | § Konsep oksidasi dan reduksi § Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion | · Demonstrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki). · Menentukan bilngan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas. · Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi. | · Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi · Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion. · Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 8 jp | Buku A LKS |
| § Tata nama menurut IUPAC | · Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberinya nama dalam diskusi kelompok | · Memberi nama senyawa menurut IUPAC | | 2 jp | |
| § Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan | · Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas | · Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep erdoks dalam memecahkan masalah lingkungan. | | 1 jp | |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008. Kimia SMA Kelas X Semester Kedua. Penerbit Yudhistira
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...................................
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran ( 3 jam untuk ulangan)
Kompetensi dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon | § Identifikasi atom C, H, dan O § Kekhasan atom karbon § Atom C primer, atom C sekunder, atom c tertier, dan atom C kuartener | · Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium. · Dengan menggunakan molymod mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas. · Menentukan atom C primer, sekunder, tertier dan kuartener dalam diskusi kelompok di kelas. | · Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan. · Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon. · Membedakan atom C primer, sekunder, tertier, dan kuartener. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah - Tes unjuk kerja | 2 jp | Buku A LKS Molymod |
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dengan sifat senyawa. | § Alkana, alkena, dan alkuna. § Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna § Isomer § Reaksi senyawa karbon | · Dengan menggunakan molymod mendiskusikan jenis ikatan pada atom karbon pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna. · Latihan tata nama. · Menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. · Dengan menggunakan molymod menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok · Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas | · Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan. · Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna. · Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya. · Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans). · Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi adisi oksidasi, substitusi dan eliminasi) | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 7 jp 2 jp | Buku A LKS Molymod |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008, Kimia SMA Kelas X Semester kedua. Penerbit Yudhistira
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya | § Minyak bumi § Fraksi minyak bumi § Mutu bensin § Dampak pembakaran bahan bakar | · Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi mutu bensun, petrokimia dan dampak hasil pembakaran bahan bakar. · Presentasi hasil kerja kelompok. | · Mendeskripsikan proses pembentukan · minyak bumi dan gas alam. · Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi. · Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi. · Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya. · Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan. | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 4 jp | Buku A |
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika | § Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari | · Diskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika. | · Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan. · Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sendang dan papan. · Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika . | - Tes tulis uraian - Tes tulis pilihan ganda - Tugas rumah | 2 jp | Buku A Buku b |
Sumber Belajar : Buku A : Parning, Horale, Tiopan, 2008, Kimia SMA Kelas X Semester Kedua Penerbit Yudhistira
Tidak ada komentar:
Posting Komentar